24 September 2025 00:00
Oleh : Superadmin
Sukoharjo, [24/09/2025] – Kegiatan lanjutan dari program Hibah DPPM 2025 yang bertajuk "Optimalisasi Potensi Ikan Nila sebagai Produk Unggulan Desa Mulur Melalui Pendampingan Pembuatan Presto Ikan Nila bagi Ibu PKK Desa Mulur" kembali dilaksanakan, kali ini dengan fokus pada pelatihan pemasaran produk unggulan desa. Acara ini menjadi agenda terakhir dari rangkaian kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran Presto Nila dan Nugget Spirunila yang telah dikembangkan selama ini.
Pelatihan Pemasaran ini dilakukan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam memasarkan Produk Desa yang nantinya bisa memberikan keterampilan dan strategi pemasaran yang praktis kepada masyarakat Desa Mulur. Ahmad Dzakiyyudin, S.E., M.Ak., selaku pemateri sekaligus pengarah kegiatan ini, berharap pelatihan pemasaran ini bisa menjadi titik awal dalam memperkuat kepercayaan diri warga desa dalam memasarkan produk unggulannya. "Kami ingin memastikan agar para peserta pelatihan tidak hanya belajar teori pemasaran, tetapi juga dapat menerapkan secara langsung strategi yang telah dibagikan, mulai dari kemasan produk yang menarik, branding yang kuat, hingga promosi digital terjadi secara masif," ujarnya.
Tidak dipungkuri, bahwa kolaborasi lintas kelompok yang terjalin selama pelatihan ini harus terus berlanjut karena, sangat berpengaruh pada keberlangsungan hidup program ini nantinya. "Kami ingin melihat sinergi yang terbentuk antara ibu-ibu PKK, pemuda-pemudi Gabahan (PMG), komunitas disabilitas, organisasi SEHATI, dan BUMDes yang saling mendukung dan berbagi peran. Semoga rasa memiliki terhadap produk desa semakin kuat, sehingga pemasaran bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi gerakan bersama yang melibatkan seluruh elemen masyarakat," tambahnya.
Harapannya dengan adanya pelatihan ini, masyarakat Desa Mulur dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan dan memasarkan produk lokal mereka. Produk seperti Presto Nila dan Nugget Spirunila diharapkan dapat dikenal luas, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga lebih jauh lagi melalui promosi yang lebih intensif dan strategi pemasaran yang kreatif.
Semoga nantinya kita akan melihat produk-produk dari Desa Mulur mulai tersedia di swalayan-swalayan lokal.
Penulis : Indri Sri Endarwati, M.M